Senin, 09 November 2015

Islam bukan Terorisme




Berbicara tentang terorisme. Apa sih terorisme itu? Secara umum terorirme dapat didefinisikan sebagai suatu cara untuk mencapai tujuan tertentu dengan menggunakan ancaman kekerasan guna menimbulkan rasa takut dan korban sebanyak-banyaknya secara tidak beraturan (Kegley & Wiptkoff). Terorisme juga menggunakan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan dalam usaha mencapai tujuan terutama tujuan politik. Adapula cirri-ciri terorisme, yaitu Menggunakan kekerasan untuk menarik perhatian akan maksud atau alasan dibalik tindakan tsb. Menjadikan orang-orang tidak bersalah sebagai target Berupaya menciptakan image yang tidak terlupakan yang memberitahukan eksistensi pelaku dan menyampaikan tuntutankepada khalayak luas. Adapun perang AS dalam melawan terorisme global. Dalam hal ini terdapat adanya pengaitan terorisme dengan islam. War on Terrorist itu hanyalah topeng untuk memerangi Islam, terbukti dari beberapa fakta bahwa AS lebih banyak menginvasi ke negri-negri Islam, daftar terorist mayoritas adalah ummat Islam. Dan terasa mejanggal ketika Israel tidak dicantumkan ke daftar teroris, Bukti lain, mayoritas korban adalah masyarakat Islam. Dalam islam terdapat hukum yang menetapkan bahwa setiap manusia memiliki hak untuk melindungi nyawa, harta, kehormatan dan nama baik mereka. Dilarang melakukan pelanggaran terhadap nyawa, harta, kehormatan, dan nama baik orang lain (QS. Al-Baqarah: 190). Perang hanya boleh dilakukan dengan syarat untuk menentang penindasan kaum penindas dan untuk mencegah terjadinya penindasan atau untuk menghancurkan kekuasaan mereka. Coba kita lihat kembali pada ajaran islam, sebagai petunjuk bagi bagi manusia dalam mencapai kebahagiaan hidupnya di dunia yang sedang kita jalani sekarang ini, maupun kebahagiaan hidup yang haqiqi di akhirat kelak. Allah SWT mengutus nabi Muhammad SAW dengan membawa agama Islam di tengah-tengah manusia ini sebagai rahmat, dan merupakan suatu kenikmatan yang besar bagi manusia bukan suatu mushibah yang membawa malapetaka. Nilai-nilai yang ada di dalam Al Quran membuat seorangMuslim bertanggung jawab untuk memperlakukan semua orang, apakah itu Muslim atau non-Muslim, dengan rasa kasih sayang dan rasa keadilan,melindungi yang lemah dan yang tidak bersalah dan mencegah kemungkaran. Membunuh seseorang tanpa alasan adalah salah contoh yang jelas dari kemungkaran. 
"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan)negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan)duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telahberbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan". (QS28:77)
Ayat ini memerintahkan manusia untuk berbuat kebaikan dan melarang manusiauntuk berbuat kerusakan. Dan juga dijelaskan dalam Al Quran bahwa jikaseseorang membunuh, walaupun hanya satu orang, maka kejahatan itu sama sajadengan membunuh seluruh manusia. Terkecuali, sebagai perlawanan melawan orang yang membuat kerusakan di muka bumi.  Agama suci Islam mengandung ajaran-ajaran yang bukanhanya melarang dan menyatakan keilegalan segala bentuk tindakan terorisme.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar